Pelatnas I TOKI 2009 dilaksanakan di ITB

Dimulai pada hari Senin 3 November 2008 lalu, bertempat di Program Studi Teknik Informatika STEI ITB, dilaksanakan Pelatihan Nasional ke-1 dalam rangkaian proses seleksi dan pembinaan Tim Olimpiade Komputer Indonesia tahun 2009. Pelatnas 1 ini akan berlangsung selama 3 minggu hingga tanggal 22 Nopember 2008, bertempat di Labtek V, Kampus ITB, Jl. Ganesha 10 Bandung.

Diikuti oleh 30 peserta dari 34 siswa Sekolah Menengah yang diundang, yang terdiri dari 30 siswa penerima medali Bidang Komputer pada OSN 2008 di Makassar yang baru lalu ditambah dengan 4 siswa ‘veteran’ hasil seleksi TOKI 2008 yang masih berhak untuk mengikuti Pelatnas 1 kali ini. Empat siswa menyatakan mengundurkan diri tidak ikut Pelatnas 1 TOKI 2009. Keempat siswa tersebut adalah siswa kelas XII yang sedang mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir.

Selain akan dibina dan dilatih oleh para staf dosen Teknik Informatika ITB, Pelatnas 1 ini melibatkan pula lebih dari 20 alumni TOKI

tahun-tahun sebelumnya yang sekarang menjadi mahasiswa dan sedang menempuh studi di ITB. Keterlibatan mereka sangat membantu dalam memberikan sharing pengalaman kepada para peserta.

Pada Pelatnas 1 ini materi pembelajaran lebih ditekankan untuk menyamakan pengetahuan dasar pemrograman sehingga siswa dapat menguasai pemrograman dengan baik, serta melatih siswa agar mempunyai keterampilan (skill) untuk mengimplementasikan program dengan teknik dasar pemrograman dalam waktu yang terukur (performance improvement). Dengan demikian, maka setelah Pelatnas 1 ini diharapkan para siswa mampu menyelesaikan persoalan-persoalan seperti pada International Olympiad in Informatics untuk test case sederhana hingga menengah dalam waktu terukur dan dengan performansi stabil.

Pada akhir Pelatnas 1, dari 30 peserta akan diseleksi menjadi 16 besar yang akan digembleng lagi pada Pelatnas 2. Selanjutnya diseleksi lagi untuk tahap Pelatnas 3 yang akan diikuti oleh 8 peserta dan hingga akhirnya didapatkan 4 siswa terbaik yang akan disertakan dalam ajang IOI ke 21 di Plovdiv, Bulgaria pada tanggal 8-14 Agustus 2009.

Daftar nama peserta yang mengikuti Pelatnas 1 TOKI 2009 adalah Ellensi Rey Chandra, Christianto Handojo, Ryan Elian, Thomas Hendy, Harta Wijaya, Arief Setiawan, Muhammad Adinata, Gracius Cagar Gunawan, Alham Fikri Aji, Edwin Hutomo, Asyrof Qomarudin, Riko Adi Prasetya, Fikrul Arif Nadra, Ashar Fuadi, Jordan Fernando, Alfito Harlim, Bagus Seto Wiguno, Tommy Tanzil, Reinhard Denis Najogie, Tjia Kennard Wicoady, I Putu Gede Windhu Saputra, Aaron Maslim, Reinhart Abdiel Hermanus, Fatih Kalifa, Welly Dwi Putra, Nurvia Sary, Angelina Veni Johanna, Prihardono Ariyanto. Hingga sore hari pertama pelaksanaan Pelatnas 1 dimulai, Alfat Saputra Harun dan James Edward Thedja belum muncul di tempat pelatihan.


Bandung, 3 November 2008
TOKI Bandung