Pelatnas II TOKI 2009 Selesai Dilaksanakan

Tiga minggu tak terasa telah dilewati, dan secara resmi Pelatnas II TOKI 2009 telah ditutup pada tanggal 10 Maret 2009 kemarin. Upacara penutupan dilaksananan di ruang T2.01 (Ruang Multimedia), Gedung MIPA Selatan, Fakultas MIPA. Hadir dalam upacara penutupan, Bapak Chairil Anwar selaku Dekan Fakultas MIPA, Bapak Hendra selaku Pembina Olimpiade Kebumian, serta Bapak Nurrokhman selaku Ketua Program Studi Ilmu Komputer sekaligus ketua pelaksana Pelatnas II TOKI 2009. Pelaksanaan kegiatan Pelatnas ini secara simbolis ditutup oleh Bapak Saur Tampubolon, selaku Kepala Seksi Pembinaan SMA, mewakili Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, Bpk. Dr. Sungkowo M yang berhalangan hadir.

Acara penutupan diawali dengan laporan pelaksanaan dari ketua pelaksana Pelatnas Olimpiade Komputer. Yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Chairil Anwar selaku Dekan Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Dalam sambutannya, Chairil Anwar menekankan bahwa selain memiliki kemampuan IQ yang tinggi dalam bidang matapelajaran, peserta yang nantinya akan mewakili Indonesia juga harus memiliki kemampuan emotional dan spiritual yang cukup untuk membekali mereka agar memiliki mental juara.

Diakhir acara Bapak Saur Tampubolon selaku perwakilan dari Dinas Pendidikan Nasional dalam sambutannya Saor memberikan motivasi bagi para peserta untuk terus meningkatkan prestasi. Selain itu beliau juga mengingatkan kembali, “Bagi para peraih medali, pemerintah memberikan beasiswa dan mempersilahkan untuk memilih melanjutkan pendidikan ke universitas manapun di dunia hingga jenjang doktor, bahkan saat ini Universitas Brawijaya sudah bersedia menerima peserta 30 besar TOKI menjadi mahasiswa di sana tanpa tes masuk, diharapkan penghargaan dari pemerintah ini bisa memberikan semangat dan motivasi bagi peserta, sehingga prestasi bangsa kita akan lebih baik lagi.” Saor mengakhiri sambutan sekaligus menutup acara secara resmi.

Perlu diketahui di tengah acara dilakukan pengumuman peserta yang lolos dan berhak melanjutkan ke pelatihan tahap selanjutnya yang rencananya akan dilaksanakan di Universitas Indonesia. Penilaian seleksi ke tahap selanjutnya ini didapat dari perolehan nilai Latihan selama tiga minggu, quis dan Simulasi yang memiliki bobot tertinggi. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pelatnas II TOKI biasanya menjaring 8 peserta saja, tahun ini TOKI meloloskan 9 orang pesertanya menuju Pelatnas III TOKI 2009. Kebijakan ini diambil karena melihat begitu ketatnya persaingan diantara para peserta.

Berikut daftar peserta yang lolos ke tahap selanjutnya.

1. ANGELINA VENI JOHANNA, 643.50

2. YUDI UMAR, 504.16

3. CHRISTIANTO HANDOJO, 495.33

4. THOMAS HENDY, 485.56

5. ALHAM FIKRI AJI, 485.30

6. ASHAR FUADI, 443.49

7. HARTA WIJAYA, 405.89

8. RYAN ELIAN, 373.79

9. BAGUS SETO WIGUNO, 365.68

Sembilan peserta ini selanjutnya akan mengikuti tahap pelatnas lanjutan yang menurut rencana akan dilaksanakan di Universitas Indonesia. Pada tahap akhir, akan dipilih empat siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia dalam ajang International Olympiad in Informatics ke 21 yang akan diselenggaran pada tanggal 8 s.d. 15 Agustus 2009 di Plovdiv, Bulgaria.

(Kontributor Berita : Riza Oktavian, peraih medali perunggu IOI 2007)