Tim Indonesia Siap Bertanding di IOI 2009

Tim Indonesia Siap Bertanding dalam International Olympiad in Informatics 2009 di Plovdiv, Bulgaria, 8-15 Agustus 2009

Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2009

Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2009

Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2009 yang terdiri dari :

  1. ANGELINA VENI JOHANNA, Siswa SMA 1 BPK Penabur, Jakarta
  2. CHRISTANTO HANDOJO, Siswa SMA Kanisius Jakarta
  3. REINARDUS SURYA PRADHITYA, Siswa SMA Kanisius Jakarta dan
  4. RISAN, Siswa SMAN 1 Tangerang

siap tempur untuk menghadapi pertandingan di International Olympiad in Informatics ke-21 yang akan diselenggarakan di Plovdiv, Bulgaria, 8-15 Agustus 2009. Plovdiv adalah sebuah kota kebudayaan tua di daerah selatan Bulgaria yang didirikan sejak tahun 342 sebelum Masehi, merupakan kota terbesar kedua di Bulgaria yang berada di pinggiran sungai Maritsa.

Bagi Reinardus dan Risan, tahun ini adalah keikutsertaan mereka yang kedua, setelah tahun lalu mereka berhasil meraih medali Perunggu di ajang IOI tahun 2008 yang diselenggarakan di Kairo, Mesir. Sedangkan bagi Veni dan Christanto, IOI kali ini merupakan IOI pertama. IOI kali ini juga merupakan sejarah baru bagi Tim Olimpiade Komputer Indonesia karena untuk pertamakalinya Indonesia mengirim wakil perempuan (Veni) di ajang internasional ini.

Tahun lalu, ketika IOI ke-20 diselenggarakan di Kairo, Mesir. Tim Olimpiade Komputer Indonesia berhasil merebut 1 Medali Emas atas nama Irvan Jahja (SMA St. Aloysius Bandung) dan 3 Medali Perunggu atas nama Listiarso Wastuargo (SMAN 3 Yogyakarta), Reinardus Surya Praditya (SMA Kanisius Jakarta) dan Risan (SMAN 1 Tangerang).

Merujuk kepada prestasi tahun lalu, TOKI 2009 memiliki beban yang cukup berat untuk meraih prestasi yang lebih baik atau setidaknya mampu mempertahankan raihan medali tahun lalu. Namun, dengan berbagai tahapan proses pelatihan dan pembinaan yang telah dilaksanakan, seluruh anggota tim merasa optimis dan berjanji akan berjuang sekuat tenaga untuk meraih hasil terbaiknya di ajang ini.

Dalam empat belas kali keikutsertaan Tim Olimpiade Komputer Indonesia di ajang IOI sejak tahun 1995, secara keseluruhan TOKI telah berhasil mengumpulkan 26 Medali yang terdiri dari 2 Medali Emas, 9 Medali Perak dan 15 Medali Perunggu. Tercatat hanya di tahun 1996 dan 1999 tim Indonesia gagal meraih medali. Sedangkan di tahun 2003, Tim Indonesia gagal bertanding ketika IOI dilaksanakan di Kenosha, Amerika Serikat karena masalah visa.

Empat siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia pada IOI 2009 kali ini. baru saja selesai digembleng dalam pelatnas tahap akhir di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, Bandung. Setelah sebelumnya mereka melalui tiga tahapan Pelatnas dan seleksi, yaitu Pelatnas I di STEI ITB, Bandung, Pelatnas II di FMIPA, UGM, Yogyakarta dan pelatnas III di Fakultas Ilmu Komputer, UI, Depok.

Pada Pelatnas I juga dilakukan seleksi dari 30 siswa menjadi 15 siswa. Pada Pelatnas II dilakukan seleksi kembali menjadi 8 siswa dan dalam seleksi tahap akhir terpilih 4 siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia di ajang bergengsi tersebut. Dalam kesempatan pelatnas III para siswa juga sempat diuji dalam pertandingan Olimpiade Informatika tingkat Asia Pasifik, dan siswa-siswa Indonesia berhasil meraih 4 Medali Perunggu.

Patut dihargai semangat berkompetisi yang telah mereka tunjukkan, karena setiap anggota Tim telah terpilih melalui rangkaian perjuangan yang cukup berat, panjang dan melelahkan. Mereka telah berhasil menyisihkan ribuan peserta tingkat kabupaten/kota, sekitar 1500-an peserta tingkat Propinsi, dan 90-an peserta seleksi tingkat nasional (OSN).

Banyak waktu belajar di sekolah yang mereka korbankan untuk hal ini. Namun, mereka menyadari bahwa demi mengejar apapun pasti ada resikonya dan mereka berani untuk menghadapi resiko itu.

Dalam perjalanan ke Bulgaria nantinya, para siswa tersebut akan didampingi oleh Bpk. Suryana Setiawan (Dosen Fasilkom, UI) selaku Team Leader dan Bpk. Nur Rokhman (Dosen MIPA, UGM) selaku Deputy Leader.

Pada kesempatan ini kami mohon doa restu kepada masyarakat Indonesia agar waktu dan usaha yang telah didedikasikan dapat menghasilkan suatu pencapaian yang terbaik, demi mengharumkan nama bangsa di mata dunia khususnya dalam bidang pendidikan dan teknologi.

Apapun yang akan mereka dihasilkan, marilah kita sama-sama doakan agar seluruh anggota tim dapat berjuang sekuat tenaga dan memperoleh hasil terbaik untuk dipersembahkan bagi bangsa dan masyarakat Indonesia sebagai hadiah ulang tahun HUT Kemerdekaan RI ke 64.

Tentang TOKI – http://www.toki.or.id/

Tim Olimpiade Komputer Indonesia adalah sebuah tim yang terdiri dari 4 siswa sekolah menengah yang dipersiapkan untuk menghadapi International Olympiad in Informatics yang diselenggarakan setiap tahun. Indonesia pertamakali mengikuti IOI pada tahun 1995, ketika IOI diselenggarakan di Eindhoven, Belanda dan langsung menyabet medali perak, Tim Indonesia pertama kali meraih medali emas pada tahun 1997 saat IOI diselenggarakan di Cape Town Afrika Selatan.

Kegiatan Tim Olimpiade Komputer Indonesia mendapat dukungan sepenuhnya dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional RI (http://www.siswapsma.org/).

Tentang IOI – http://www.ioinformatics.org/

International Olympiad in Informatics – IOI adalah salah satu dari lima Olimpiade Sains selain Kimia, Fisika, Matematika, dan Biologi yang diselenggarakan dalam skala internasional. Yang bertujuan untuk meningkatkan minat dibidang informatika (tehnik komputer) dan teknologi informasi kepada generasi muda di seluruh dunia. Dibandingkan keempat olimpiade sains tersebut, IOI masih berumur relatif muda. Dimulai pertama kali di Pravetz, Bulgaria pada tahun 1989 atas inisiatif dari UNESCO, IOI kemudian diselenggarakan tiap tahun di berbagai negara.

Popularitas IOI terus meningkat pesat. Dalam waktu enam tahun sejak penyelenggaraan pertama, jumlah peserta melonjak dari tiga belas menjadi lima puluh lima. Pada IOI ke 20 tahun 2008 lalu di Kairo diikuti oleh 283 peserta dari 76 negara, dan tahun ini dalam IOI ke 21 di Plovdiv, Bulgaria diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari 300 peserta dari lebih 80 negara.

Jakarta, 7 Agustus 2009
Tim Olimpiade Komputer Indonesia
www.toki.or.id

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :