APIO 2010 Terbuka

APIO 2010 logo

APIO 2010 logo

Setelah konfirmasi dari TOKI Biro UI, ITB, UGM, ITS; APIO 2010 jadi dapat diikuti di Indonesia secara terbuka tapi terbatas. Pembatas adalah kapasitas site (max 10) dan egibilitas sesuai IOI 2010.

Di tingkat Asia Pasifik, sejak 2007 telah diadakan kontes pemrograman yang dikenal sebagai APIO (http://www.apio.olympiad.org/). Disebabkan beberapa keterbatasan maka kontes dilakukan secara online. Karena APIO sering dijadikan ajang persiapan untuk IOI (http://ioinformatics.org/), setiap negara merasa bertanggung jawab untuk menjamin objektifitas APIO. Sehingga walaupun dilakukan secara online di negara masing-masing, setiap negara akan mengawasi pelaksanaannya dengan ketat. Untuk tahun ini, APIO akan diadakan pada Sabtu, 8 Mei 2010 dengan waktu disesuaikan dengan kebutuhan di negaranya masing-masing mengingat lebarnya perbedaan waktu dari New Zealand hingga Uni Arab Emirates. Di Indonesia sendiri tentatif akan diadakan pukul 08.00 WIB pada hari tersebut tergantung kesiapan setiap site.

APIO di Indonesia akan diadakan di 4 site: Site UI Depok, Site ITB Bandung, Site UGM Yogya dan Site ITS Surabaya. Site lain mungkin bisa ditambahkan seandainya terdapat permintaan yang cukup besar dari daerah tersebut dan ada tim pengawas lokal serta fasilitas computer + compiler. Kecuali ada keterangan khusus, TOKI tidak menanggung segala biaya (transportasi, akomodasi, dll) dan tidak memungut biaya apapun untuk kegiatan ini.

Peserta yang eligible untuk kegiatan ini adalah yang pada saat ini juga eligible untuk mengikuti IOI 2010 (saat ini kelas 12 atau lebih rendah) dan pernah mengikuti Pelatihan Nasional TOKI, atau kalau tidak, lulus dalam seleksi pra-APIO. Pra-APIO sendiri diadakan karena keterbatasan kapasitas di setiap site dan akan diadakan secara online pada situs dan waktu yang akan ditentukan dalam waktu dekat.

Hanya 6 peserta terbaik dari seluruh Indonesia yang akan diikutsertakan dalam pemeringkatan resmi Asia Pasifik untuk menentukan pembagian medali. Keenam terbaik itu juga yang akan mendapatkan sertifikat.

Pendaftaran atau pertanyaan dapat dikirimkan melalui email kepada Bapak Suryana Setiawan (setiawan@cs.ui.ac.id) dengan prefix subject “[APIO2010]” (dengan tanda kurung, tanpa tanda kutip). Jika Anda mendaftarkan diri, perhatikan rincian berikut ini:

  • Tuliskan dalam email
    • Nama Lengkap,
    • Tanggal Lahir,
    • Asal Sekolah dan Kelas,
    • Pilihan Site (UI/ITB/UGM/ITS).
  • Siapkan tanda pengenal akan informasi yang Anda tulis di email untuk verifikasi onsite.
  • Sering-sering cek email untuk mendapatkan informasi lanjut (misalnya mengenai situs dan waktu pra-APIO).
  • Batas akhir pendaftaran adalah pukul 23.59 WIB, Minggu, 2 Mei 2010.