Indonesia Raih 4 Medali Perunggu APIO ke-4 Tahun 2010

Putra-putra terbaik Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) berhasil mempersembahkan 4 medali perunggu untuk Indonesia dalam Asia-Pacific Informatics Olympiad (APIO) 2010.

Suasana Kompetisi APIO 2010

Suasana Kompetisi APIO 2010

China bertindak sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade tingkat Asia Pasifik tahun ini. Tim Indonesia diwakii oleh 9 siswa yang terdiri dari 8 besar TOKI dan satu peserta tambahan yang juga pernah mengikuti pelatihan nasional TOKI. Kesembilan peserta tersebut antara lain Ashar Fuadi, Alham Fikri Aji, Harta Wijaya, Arief Setiawan, Fredric Sanjaya, Berty Chrismartin Lumban Tobing, Teddy Budiono Hermawan, Christianto Handojo, dan Edrick Rudy Putra.

Empat medali perunggu yang diraih Tim Indonesia dipersembahkan oleh (1) Arief Setiawan, (2) Harta Wijaya, (3) Ashar Fuadi, dan (4) Christianto Handojo. Bagi Ashar Fuadi, medali ini adalah medali perunggu APIO kedua yang telah ia raih, dimana dalam APIO 2009 sebelumnya ia juga meraih prestasi yang sama.

Secara keseluruhan, olimpiade ini diikuti sebanyak 18 negara dan dilaksanakan di masing-masing tempat dengan pengawasan dari supervisor negara yang bersangkutan. Di Indonesia, olimpiade ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia di bawah pengawasan langsung Koordinator Pembina TOKI, Bapak Suryana Setiawan. Selain menjadi ajang pertandingan persahabatan antar negara Asia Pasifik, kegiatan ini pun menjadi salah satu agenda dalam rangkaian seleksi 4 peserta terbaik Indonesia yang dipersiapkan untuk bertanding di International Olympiad in Informatics 2010 yang akan datang di Waterloo, Kanada.

Dalam 4 tahun keikutsertaannya, TOKI secara konstan berhasil menyumbangkan medali dari APIO. Secara kumulatif, 1 emas dan 11 perunggu telah dipersembahkan putra-putri Indonesia dari ajang ini. Medali emas pertama, dan satu-satunya sampai saat ini, dipersembahkan oleh Irvan Jahja pada APIO 2008 dengan nilai sempurna.

Keempat medali perunggu tahun ini bisa dikatakan cukup membanggakan karena berhasil mempertahankan prestasi Indonesia pada tahun sebelumnya yang juga meraih 4 medali perunggu. Namun, beberapa latihan akan terus dilaksanakan mendekati IOI 2010 nanti supaya hasilnya dapat lebih maksimal lagi.


Tim Pembina TOKI 2010