Pelatnas 2 TOKI 2010 Dimulai

Setelah pelaksanaan pembinaan dan seleksi tahap pertama pada November 2009 lalu, yang berhasil meloloskan 16 peserta untuk ikut serta pada tahap selanjutnya, kini ke-16 peserta tersebut diundang kembali untuk mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) tahap dua. Pelatnas 2 TOKI 2010 ini merupakan bagian dari rangkaian pembinaan dan seleksi untuk membentuk Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) 2010 yang akan mewakili Indonesia untuk mengikuti International Olympiad in Informatics (IOI) ke-22 di Waterloo, Kanada pada bulan Agustus 2010 mendatang.

Dari 19 siswa yang diundang, hadir sebanyak 18 siswa, sedangkan 1 siswa mengundurkan diri atas alasan fokus pada studinya. Adapun 18 siswa yang hadir adalah:

  1. ARIEF SETIAWAN – SMAK ST. LOUIS 1 SURABAYA
  2. FREDRIC SANJAYA – SMA XAVERIUS 1 JAMBI
  3. AARON MASLIM – SMA SUTOMO 1 MEDAN
  4. EDRICK RUDY PUTRA – SMA IPEKA TOMANG JAKARTA
  5. LUSIA KRISTIANA – SMAK BPK PENABUR GADING SERPONG
  6. BERTY CHRISMARTIN LUMBAN TOBING – SMAN 1 TANGERANG
  7. JORDAN FERNANDO – SMA XAVERIUS 1 JAMBI
  8. TEDDY BUDIONO HERMAWAN – SMA SUTOMO 1 MEDAN
  9. REINHART ABDIEL HERMANUS – SMAK 1 BPK PENABUR BANDUNG
  10. YOZEF G. TJANDRA – SMA REGINA PACIS SOLO
  11. AHMAD FAHMI SHIDQI – SMA SEMESTA SEMARANG
  12. ALFITO HARLIM – SMA DIAN HARAPAN MAKASSAR
  13. ABDURROSYID BROTO H. – SMAN 3 SEMARANG
  14. TRACY FILBERT RIDWAN – SMAK 1 BPK PENABUR CIREBON
  15. MIRZA WIDIHANANTA – SMAN 3 YOGYAKARTA
  16. ALHAM FIKRI AJI – SMAN 1 DEPOK
  17. HARTA WIJAYA – SMA ST. THOMAS 1 MEDAN
  18. ASHAR FUADI – SMAN 1 BOGOR

Untuk pertama kalinya pelatnas kali ini diselenggarakan di Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya dan akan berlangsung selama 3 minggu mulai tanggal 7 Februari hingga tanggal 28 Februari 2009 yang akan datang; pembinaan dan pelatihan dilaksanakan setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Selama mengikuti pelatnas, para siswa diberikan fasilitas akomodasi di Wisma Flamboyan, yang terletak di Kompleks Kampus ITS, Surabaya.

Materi-materi yang diberikan pada pelatnas kali ini ditekankan pada teori algoritmik dan komputasi seperti greedy algorithm, dynamic programming, graph, dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan agar para peserta dapat meningkatkan kemampuan teoritis dan komputasi melengkapi keterampilan pemrograman yang telah dilatih pada pelatnas sebelumnya.

Materi-materi pada pelatnas ini akan disampaikan oleh para Pembina TOKI Biro ITS, pembina TOKI Pusat dan beberapa pengajar tamu dari universitas-universitas ternama lainnya. Selain dibimbing oleh para dosen pengajar, para peserta juga akan didampingi oleh asisten lokal ITS sebanyak 10 orang yang dikoordinasikan oleh Anggakara Hendra Nandana, 5 orang asisten tamu yang didatangkan dari TOKI Biro UGM pada minggu pertama, BINUS pada minggu kedua dan TOKI Biro ITB pada minggu terakhir. Asisten tamu yang akan hadir tersebut merupakan alumni-alumni TOKI tahun-tahun sebelumnya yang sedang melanjutkan studi di kampusnya masing-masing, yang diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan dari pengalaman pelatihan dan pertandingan yang pernah dijalaninya ditahun-tahun sebelumnya.

Di akhir pelatnas akan dilakukan simulasi IOI, selain untuk membiasakan para siswa dalam nuansa pertandingan IOI sekaligus dimanfaatkan sebagai salah satu proses seleksi (tes akhir) untuk menentukan 8 siswa terbaik yang nantinya akan dibina lebih lanjut.

Semoga mereka dapat mengikuti pelatihan dengan baik hingga selesainya agenda pelatnas ini dan mendapatkan hasil terbaik demi kemajuan Tim Olimpiade Komputer Indonesia.


Go Get Gold.
Salam TOKI.
Surabaya, 9 Februari 2010.