TOKI 2010 Siap Bertanding di IOI

 

TOKI 2010 (dari kiri ke kanan: Aji, Ashar, Chris, Harta).

TOKI 2010 (dari kiri ke kanan: Aji, Ashar, Chris, Harta).

Empat siswa terbaik Indonesia yang telah terpilih sebagai Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2010 baru saja selesai menjalani pelatihan nasional tahap akhir untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pertandingan dalam bidang informatika di ajang International Olympiad in Informatics ke-22 yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 – 21 Agustus 2010 yang akan datang di Waterloo, Kanada. Keempat siswa yang akan bertanding mewakili Indonesia tersebut adalah:

  1. Alham Fikri Aji, SMA Negeri 1 Depok,
  2. Ashar Fuadi, SMA Negeri 1 Bogor,
  3. Christianto Handojo, SMA Kanisius Jakarta,
  4. Harta Wijaya, SMA St. Thomas Medan.

Mereka berhasil menjadi empat besar dan akan menjadi duta bangsa dalam ajang kompetisi informatika tingkat dunia tersebut setelah melalui sebuah proses pembinaan dan seleksi yang panjang dan sangat ketat.

Bagi Christianto, IOI 2010 kali ini akan menjadi kesempatan kedua, setelah pada tahun lalu ia sempat berlaga di IOI 2009, namun belum berhasil memperoleh medali. Sementara bagi ketiga peserta lainnya, IOI 2010 ini akan menjadi kesempatan pertama mereka bertarung di ajang internasional.

Para siswa tersebut akan didampingi oleh Bapak Suryana Setiawan (Koord. TOKI Pusat) sebagai team leader beserta Bapak Yudhi Purwananto (TOKI Biro ITS), Bapak Yugo K. Isal (TOKI Biro UI), dan Brian Marshal (Alumni TOKI). Untuk mengasah keterampilan dan membiasakan para siswa dalam susasana kompetisi yang ketat, selama kegiatan pembinaan, para peserta juga dihadapkan dengan beberapa olimpiade regional, antara lain Baltic Olympiad in Informatics dan Asia-Pacific Informatics Olympiad.

Pada APIO 2010, tiga dari empat putra terbaik TOKI 2010 memperoleh medali perunggu. Mereka antara lain Harta, Ashar, dan Chris. Sedangkan Aji belum berhasil menyumbangkan medali. Selain mereka, Arief Setiawan yang merupakan salah satu dari peserta pelatnas pun berhasil menyumbangkan satu medali perunggu.

Dalam kesempatan ini, sekaligus kami mengharapkan dukungan dan doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia, agar siswa-siswa duta bangsa ini nantinya dapat mempersembahkan hasil yang terbaik dalam ajang IOI 2010.



Fauzan Joko Sularto
untuk Tim Pembina TOKI 2010.