Empat Siswa Terbaik akan Mewakili Indonesia di IOI 2011

Pelatihan Nasional tahap 3 Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2011 yang dilaksanakan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia telah berakhir pada 14 Mei 2011 yang lalu. Puncak kegiatan pelatnas yang telah berlangsung selama 3 minggu ini ditandai dengan ujian seleksi akhir untuk menentukan empat siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia dalam ajang International Olympiad in Informatics (IOI) ke-23 yang akan diselenggarakan di Pattaya, Thailand, 22-29 Juli 2011 mendatang.

Foto bersama pada penutupan Pelatnas 3 TOKI 2011.

Foto bersama pada penutupan Pelatnas 3 TOKI 2011.

Pada Pelatnas 3 TOKI 2011 ini, peserta diberikan materi-materi ilmu komputer dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi yang bahkan akan membuat sebagian besar mahasiswa informatika mengerutkan keningnya. Adapun materi-materi yang diberikan antara lain: heuristik, algoritma minimax, geometri komputational, pencocokan string, pemrograman dinamis, algoritma greedy, dan struktur data lanjutan.

Selain itu, untuk mengasah keterampilan dan membiasakan para peserta dalam suasana kompetisi yang ketat, di tengah-tengah kegiatan pelatnas ini, mereka juga dihadapkan dengan kompetisi regional APIO (Asia-Pacific Informatics Olympiad). Pada APIO 2011, William Gozali berhasil memperoleh medali perak, sedangkan Felik Junvianto, Jessica Handojo, Frederikus Hudi, Daniel Agusta, dan Mohammad Dikra Prasetya berhasil memperoleh honorable mention.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat memperhatikan nilai latihan, quiz, simulasi, dan APIO, Berikut ini adalah urutan peringkat peserta sesuai hasil akhir dari Pelatnas 3 TOKI 2011:

  1. William Gozali, SMA Tarakanita, Jakarta
  2. Jessica Handojo, SMA Santa Ursula, Jakarta
  3. Reinhart Abdiel Hermanus, SMAK Paulus, Bandung
  4. Frederikus Hudi, SMAN 4 Denpasar, Bali
  5. Felik Junvianto, SMAK PENABUR Gading Serpong, Tangerang
  6. Mohammad Dikra Prasetya, SMAN 8, Jakarta
  7. Rasmunandar Rustam, SMAN Bilingual Boarding School, Sragen
  8. Cakra Wishnu Wardhana, SMAN 8, Yogyakarta
  9. Daniel Agusta, SMA Xaverius, Jambi
  10. Kurniagusta Dwinto, SMAN 1, Padangpanjang

Empat siswa/i terbaik dari hasil tersebut akan menjadi duta Indonesia dalam ajang kompetisi IOI 2011. Namun sebelumnya, mereka masih akan menjalani pelatihan jarak jauh via internet mulai tanggal 23 Mei 2011 dan mengikuti Pelatnas 4 TOKI 2011 mulai tanggal 27 Juni 2011 sebagai pemantapan dan persiapan akhir yang akan dilaksanakan hingga sebelum keberangkatan ke Thailand.

Acara penutupan pelatnas dihadiri oleh pejabat dari Kementrian Pendidikan Nasional, pejabat dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan juga pembina dan pengurus TOKI dari UI, ITB, UGM, ITS, dan IPB. Bapak Yugo K. Isal, mewakili Universitas Indonesia sekaligus sebagai ketua penyelenggara Pelatnas 3 TOKI 2011 mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak dalam penyelenggaraan Pelatnas 3 TOKI 2011, bagi peserta yang belum berhasil lulus, jangan berkecil hati, karena masih banyak jalan dan kesempatan, yang penting harus tetap terus berlatih dan berusaha keras.

Tak lupa pada kesempatan ini, sekaligus kami mengharapkan dukungan dan doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia, agar siswa-siswi duta bangsa ini nantinya dapat mempersembahkan hasil yang terbaik dalam ajang IOI 2011.

Sukses TOKI!
Go Get Golds!
Depok, 15 Mei 2011