Pelatnas 2 TOKI 2011 Di Kampus Perjuangan

Delapan belas siswa-siswi terbaik Indonesia mengikuti Pelatnas 2 TOKI 2011 di Kampus Perjuangan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Siswa-siswi tersebut akan mengikuti pelatihan nasional selama tiga minggu mulai Senin, 7 Februari 2010 hingga Sabtu, 26 Februari yang akan datang. Di akhir pelatihan akan dilakukan seleksi untuk menentukan 8 siswa terbaik yang akan lolos ke pembinaan lanjutan. Rangkaian pembinaan dan seleksi ini merupakan tahapan untuk mempersiapkan 4 siswa-siswi terbaik Indonesia untuk mengikuti ajang IOI 2011 di Pattaya, Thailand pada bulan Juli yang akan datang.

Peserta dan Dosen pembina PELATNAS 2 TOKI 2011

Peserta dan Dosen pembina PELATNAS 2 TOKI 2011

Delapan belas siswa-siswi terbaik tersebut adalah :

  1. MUHAMMAD YAFI, SMAN 1 Yogyakarta
  2. REINHART ABDIEL HERMANUS, SMAK Paulus Bandung
  3. FREDERIKUS HUDI, SMAN 4 Denpasar
  4. MUHAMMAD FEBRIAN RAMADHANA, SMA Presiden Cikarang
  5. JESSICA HANDOJO, SMA Santa Ursula Jakarta
  6. DANIEL AGUSTA, SMA Xaverius 1 Jambi
  7. WILLIAM GOZALI F., SMA Tarakanita 2 Jakarta
  8. FEBRY ANTONIUS, SMA Xaverius 1 Jambi
  9. RIDHO AKBARISANTO, SMA Taruna Nusantara Magelang
  10. CAKRA WISHNU WARDHANA, SMAN 8 Yogyakarta
  11. FELIK JUNVIANTO, SMAK BPK Penabur Gading Serpong Tangerang
  12. RASMUNANDAR RUSTAM, SMAN Sragen Bilingual Boarding School
  13. KURNIAGUSTA DWINTO, SMAN 1 Padangpanjang
  14. ERIC, SMA Methodist 3 Medan
  15. ALFAN NUR FAUZAN, SMAN Sragen Bilingual Boarding School
  16. REZA ABDURAHMAN, SMA Taruna Nusantara Magelang
  17. MOHAMMAD DIKRA PRASETYA, SMAN 8 Jakarta
  18. TEDDY BUDIONO HERMAWAN – SMA Sutomo 1 Medan

Seluruh agenda pelatnas 2 akan dipusatkan di Gedung Teknik Informatika ITS. Pelatnas akan dipimpin oleh Bapak Yudhi Purwananto dan Bapak Rully Soelaiman. Selama pelatnas para siswa akan diberikan materi-materi yang bertujuan memperkuat teknik kemampuan pemecahan masalah dalam mengerjakan soal-soal pemrograman. Selain dilakukan dalam bentuk pemberian materi-materi teori, pelatihan juga dilengkapi dengan latihan soal, simulasi, dan diskusi yang difasilitasi oleh para staf pengajar dari Teknik Informatika ITS yang juga diperkuat oleh pengajar-pengajar dari UI, ITB, IPB, UGM dan juga para alumni TOKI dan dibantu oleh asisten-asisten dari mahasiswa Teknik Informatika ITS.

Upacara pembukaan pelatihan telah dilakukan para hari Senin, 7 Februari 2010 lalu yang dihadiri oleh: Dekan Fakultas Teknologi Informasi ITS, Prof Ir Riyanarto Sarno MSc PhD, Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik, Kementrian Pendidikan Nasional, Bapak Mukhlis Catio, Kordinator Pembinaan Olimpiade Komputer Indonesia, Ibu Inggriani Liem beserta beberapa pembina pusat lainnya.

“Para peserta yang lolos ke pelatnas 2 diharapkan memiliki sifat sportif, jujur, dan bermental sang juara. Ajang TOKI tidak hanya mengandalkan otak namun juga hati”, ujar Ibu Inge selaku koordinator TOKI pada kesempatan sambutannya. Ibu Inge juga menyampaikan pesan kepada peserta yakni untuk terus latihan, latihan, dan latihan dimana pun dan kapan pun sebagai cerminan kesuksesan sang juara.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknologi Informasi ITS, Prof Ir Riyanarto Sarno MSc PhD menyampaikan bahwa pihak ITS akan memberikan apresiasi terhadap peserta Pelatnas TOKI 2011 untuk dapat masuk ITS melalui jalur prestasi. Disamping itu, Bapak Riyan berpesan agar para siswa dapat terus menumbuhkan dan memelihara semangat juang yang tinggi sebagai modal penting keberhasilan dalam sebuah kompetisi.

Secara resmi pelatnas 2 dibuka oleh Bapak Mukhlis Catio. Dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan olimpiade komputer ini, selain ditujukan untuk mencari siswa-siswi terbaik untuk mewakili Indonesia di ajang perlombaan internasional, juga diharapkan dapat menjadi media untuk menyebarkan minat dan keahlian teknologi informasi ke seluruh daerah di Indonesia agar lebih mampu menguasai teknologi informasi dan memiliki kekuatan untuk menghadapi tantangan zaman. Oleh karena itu, kepada para siswa diharapkan untuk dapat belajar keras dan tekun, saling menghargai dan menghormati. Sebagai generasi penerus, setiap orang harus terus menjaga semangat nasionalisme dan selalu memiliki kontribusi positif demi keharuman bangsa Indonesia.

Kepada para peserta pelatnas kami ucapkan selamat berlatih dan selamat berjuang di kampus perjuangan!

Sukses TOKI.
Go Get Gold.
Surabaya, 7 Februari 2011
TOKI Biro ITS