Pelatnas 4 TOKI 2011 Selesai Dilaksanakan

Empat siswa anggota Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) 2011 hari ini, Minggu 17 Juli 2011 telah mengakhiri sesi pelatihan nasional (pelatnas) tahap akhir di Kampus Fasilkom UI, Depok. Penutupan pelatnas tahap 4 ini ditandai dengan pelaksanaan simulasi IOI selama 5 jam nonstop. Pelatnas 4 ini merupakan pembinaan tahap akhir, sebelum William Gozali, Jessica Handojo, Reinhard Abdiel Hermanus dan Frederikus Hudi “bertarung” dalam ajang International Olympiad in Informatics (IOI) ke-23 yang akan diselenggarakan di kota Pattaya, Thailand pada tanggal 22 sampai dengan 29 Juli 2011.

Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2011

Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2011

Pada pelatnas 4 ini, peserta diberikan latihan soal-soal kompetisi pemrograman tingkat internasional, serta diskusi dengan para alumni dan pembina, Selain itu keempat siswa tersebut juga diberikan sesi konsultasi psikologi (konseling) dan pemberian motivasi oleh Bpk. Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono, Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Prof. Sarlito menekankan bahwa modal utama untuk bertanding pada suatu kompetisi apapun adalah keyakinan diri, fokus dan tentu saja ibadah.

Perasaan tertekan, stres, atau grogi adalah hal yang wajar dihadapi, bahkan oleh atlet- atlet kelas dunia sekalipun. Untuk dapat mengatasi stres yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan perasaan tertekan/stres tersebut dan mengubahnya menjadi energi penambah semangat untuk kita, akan tetapi jangan sekali-kali membiarkan stres untuk membuat kita gugup atau gelisah. Ingatlah bahwa selama kita memiliki tekad yang kuat untuk berjuang semaksimal mungkin dan tidak menyerah sekali pun sampai dengan akhir kesempatan, Hasil yang maksimal sudah pasti akan kita peroleh.

Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2011 akan berangkat ke Pattaya pada tanggal 22 Juli 2011 yang akan datang, dipimpin oleh Ibu Dr. Ir. Inggriani Liem (Koordinator pembina TOKI dan Dosen STEI Institut Teknologi Bandung) dan Bpk. Rully Soelaiman, S.Kom, M.Kom. (Dosen FTI Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya).

Bersama ini kami juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berdoa agar seluruh anggota Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2011 agar waktu dan usaha yang telah mereka dedikasikan dapat menghasilkan hasil yang terbaik dalam ajang IOI 2011, dan akan mengharumkan nama Bangsa dan Negara Indonesia di mata dunia khususnya dalam bidang pendidikan dan teknologi.

Sukses TOKI ! Sukses Indonesia !
Go Get Golds !
Depok, 17 Juli 2011
Tim Olimpiade Komputer Indonesia