IOI 2012: 1 Perak 3 Perunggu dari Italia

Medalist IOI 2012

Empat Besar TOKI 2012 (ki-ka): Muhammad Aji Muharrom, Jonathan Irvin Gunawan, Nathan Azaria, Cakra Wishnu Wardhana

Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2012 yang bertanding dalam ajang International Olympiad in Informatics (IOI) ke-24 yang diselenggarakan di Milan, Italia pada tanggal 23 – 30 September 2012 yang terdiri dari :

  1. Nathan Azaria,  SMAN 2 Purwokerto
  2. Jonathan Irvin Gunawan,  SMAK 1 BPK PENABUR Bandung
  3. Cakra Wishnu Wardhana,  SMAN 8 Yogyakarta
  4. Muhammad Aji Muharrom, MAN Insan Cendekia Serpong

Berhasil meraih satu medali perak atas nama Nathan Azaria dan tiga medali perunggu atas nama Perunggu atas nama Jonathan Irvin Gunawan, Cakra Wishnu Wardhana dan Muhammad Aji Muharrom.

Dalam dua hari pertandingan yang dilakukan, Nathan (peringkat 37) nyaris menyumbangkan medali emas untuk Indonesia, dengan berhasil mengumpulkan nilai total 326 (nilai maksimal 600) sebenarnya Nathan hanya membutuhkan tambahan nilai 36 untuk bisa masuk ke zona emas. Begitu pula dengan Jonathan Irvin Gunawan (peringkat 82) yang mengumpulkan nilai total 232 hanya membutuhkan tambahan angka 5 untuk bisa masuk ke zona perak. Sementara itu, Aji (peringkat 105) berhasil mengumpulkan nilai 195 dan Cakra (peringkat 121) mengumpulkan nilai total 181.

Prestasi ini meningkat signifikan jika dibanding keikutsertaan Indonesia dalam IOI sebelumnya di Pattaya, Thailand, dimana tim Indonesia kala itu meraih 2 medali perunggu. Hasil satu medali perak dan tiga medali perunggu ini cukup membanggakan, meskipun tidak berhasil meraih medali emas, perolehan empat medali ini mengulang sukses Indonesia di IOI 2007 dan 2008 yang kala itu juga meraih 4 medali penuh.

IOI ke 24 tahun ini diikuti oleh 317 peserta dari 81 negara. Nilai tertinggi dalam kompetisi ini (absolute winner) diraih oleh Johnny Ho dari USA yang berhasil mengumpulkan nilai sempurna 600 pada dua hari pertandingan yang sekaligus mematahkan dominasi Gennady Korotkevich dari Belarusia yang tiga kali berturut-turut menempati ranking pertama di 3 ajang IOI sebelumnya.

Dengan perolehan tersebut, secara umum berdasarkan perolehan medali, posisi Tim Indonesia menempati posisi ke 19 dari klasemen umum negara-negara peserta. Juara umum diraih oleh tim dari Republik Rakyat China dan Rusia yang sama-sama berhasil meraih 4 medali emas, namun jika dihitung berdasarkan perolehan poin, China masih lebih unggul. Sedangkan Italia selaku tuan rumah, berada di posisi setingkat di atas tim Indonesia dan sama-sama berhasil meraih merali 1 medali perak dan 3 medali perunggu.

Secara umum, penyelenggaraan IOI di Milan, Italia ini berjalan dengan lancar. Oleh banyak tim, Italia dinilai sukses untuk penyelenggaraan yang sangat rapi dan tepat waktu dalam setiap kegiatan yang sudah dijadwalkan.

Dengan demikian dalam tujuh belas kali keikutsertaan TOKI di ajang IOI sejak tahun 1995 hingga 2012, secara keseluruhan 38 medali telah berhasil dikumpulkan yang terdiri dari 2 Medali Emas, 14 Medali Perak dan 22 Medali Perunggu. Tercatat hanya di tahun 1996 dan 1999, Indonesia gagal meraih medali. Sedangkan di tahun 2003, Indonesia gagal bertanding ketika IOI dilaksanakan di Kenosha, Amerika Serikat karena masalah visa.

Apapun yang telah dihasilkan dalam kompetisi kali ini kita patut berbangga dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya untuk semangat, perjuangan dan juga pengorbanan yang telah dilakukan oleh para siswa, pembina dan pihak Departemen Pendidikan Nasional yang telah bekerja keras dalam mengupayakan segala upaya untuk dapat meraih hasil yang terbaik demi mengharumkan nama baik bangsa dan negara dalam ajang kompetisi tingkat dunia di bidang informasika ini.

Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan, doa dan restu dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia sehingga segala persiapan dapat berjalan dengan baik, dan para siswa mampu berlomba secara maksimal tanpa kendala yang berarti. Rombongan Tim Indonesia akan tiba kembali ke tanah air pada hari ini, Senin, 1 Oktober 2012 pada pukul 10:10 WIB di Bandar Udara International Soekarno Hatta – Jakarta dengan menumpang pesawat Singapore Airlaines SQ 956 dari Singapore.

Sukses TOKI!
Go Get Golds!
Jakarta, 30 September 2012
Tim Olimpiade Komputer Indonesia