16 Siswa Mengikuti Pembinaan Khusus Tahap ke 2

Sebanyak 16 siswa mengikuti pembinaan khusus Tim Olimpiade Komputer Indonesia tahap ke 2 yang akan dilaksanaan selama 3 minggu di Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas MIPA, Institut Pertanian Bogor mulai dari tanggal 20 Februari sampai dengan dengan 10 Maret 2012 yang akan datang.

Pembukaan Pelatihan Nasional 2 TOKI 2012

Pembukaan Pelatihan Nasional 2 TOKI 2012

Acara pembukaan pembinaan khusus ini dihadiri oleh Ibu Dr. Inggriani Liem (Ketua Pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia), Bpk. Dr. Muchlis Catio (Kasubdit kelembagaan dan Peserta Didik, Kementrian Pendidikan dan Kebudaan RI), Dr. Agus Buono, M.Si (Ketua Departemen Ilmu Komputer, FMIPA IPB), Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. (Dekan Fakultas MIPA IPB) dan juga Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS (Wakil Rektor IPB Bidang Akademis dan Kemahasiswaan).

Dalam sambutan pembukaannya, Dr. Ir. Agus Buono, M.Si, M.Kom mengungkatkan bahwa kegiatan pembinaan ini juga ingin dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan partisipasi dalam pengembangan dan penyebaran Ilmu Komputer kepada Masyarakat. Beliau juga menambahkan bahwa, sebagai penghargaan atas prestasi para 16 siswa tersebut, seluruh peserta pembinaan khusus ini bisa diterima di Departemen Ilmu Komputer, FMIPA IPB tanpa tes. Dan bagi yang ingin menjadi dosen di Departemen Ilmu Komputer IPB, akan diberi beasiswa untuk SPP dan biaya hidup selama menempuh jenjang S1 di Departemen Ilmu Komputer IPB.

Dari pemerintah, dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, kegiatan olimpiade keilmuan saat ini bisa menjadi icon positif bagi pemerintah untuk mengimbangi berita-berita negatif yang beredar di masyarakat, untuk itu diharapkan bahwa seluruh siswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan optimal demi prestasi nama baik bangsa Indonesia di mata dunia, seperti diungkapkan Bpk. Dr. Muchlis Catio dalam sambutannya.

Secara resmi, pembinaan dibuka oleh Wakil Rektor IPB Bidang Akademis dan Kemahasiswaan : Bpk. Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS yang mana dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa kegiatan ini dapat menjadi ajang positif untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan bangsa. Hanya yang terbaiklah yang bisa membawa nama bangsa, bukan hanya pribadi, daerah, sekolah. Selain memiliki kemampuan akademis tinggi, setiap siswa juga diharapkan dapat terus mengembangkan softskill sehingga dapat menjadi orang yang betul-betul memiliki sikap arif dan bijaksana.

Dalam penutupannya, juga diungkapkan kesiapan IPB untuk menjalin kerjasama lebih luas dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menyalurkan beasiswa kepada siswa-siswa yang berprestasi di ajang lomba-lomba keilmuan (olimpiade) baik di tingkat nasional maupun internasional.

Julio Adisantoso, MSc. Selaku ketua panitia penyelenggara kegiatan pembinaan ini mengungkapkan bahwa, selama tiga minggu para siswa akan menjalani pelatihan dari para dosen di Departemen Ilmu Komputer, IPB dan beberapa dosen dari perguruan tinggi lain dengan banyak dibantu oleh para alumni TOKI. Diakhir pembinaan akan dilakukan seleksi untuk menentukan 8 siswa terbaik untuk dapat mengikuti pembinaan di tingkat selanjutnya.


Sukses TOKI !
Go Get Golds !
Bogor, 27 Februari 2012
Tim Olimpiade Komputer Indonesia