Empat Besar TOKI 2012 Siap Bertanding

Dalam rangka menyeleksi 4 orang siswa terbaik dari 8 besar TOKI 2012, diadakan pelatihan sekaligus seleksi melalui Pelatnas 3 TOKI 2012. Pelatihan tahap nasional ini dilangsungkan pada tanggal 18 Juni hingga 7 Juni 2012, di gedung Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia.

Penutupan Pelatihan Nasional 3 TOKI 2012

Penutupan Pelatihan Nasional 3 TOKI 2012

Selama tiga minggu, para peserta dihadapkan pada persoalan informatika yang kompleks. Materi-materi yang diberikan meliputi struktur data lanjutan, pemrograman dinamis dengan properti convex hull, pencarian heuristik, dan algoritma-algoritma lain dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

Terdapat beberapa perkembangan dalam pelatihan nasional ini, seperti adanya materi khusus dalam ilmu komputer, yakni tentang kriptografi, network flow, dan machine learning. Selain itu, ada pula saat dimana para peserta bertanding dengan tim Singapura. Praktisnya, tingkat kesulitan pelatihan nasional 3 tahun ini meningkat dibandingkan dengan pelatihan pada tahun-tahun sebelumnya.

Seperti pada beberapa tahun terakhir, peserta Pelatnas 3 TOKI 2012 juga dihadapkan pada ajang APIO 2012 (Asia-Pacific Informatics Olympiad). Pada kompetisi ini, peserta Pelatnas 3 berhasil meraih 1 (satu) perak atas nama Nathan Azaria dan  2 (dua) perunggu atas nama Cakra Wishnu Wardhana dan Jonathan Irvin Gunawan, serta 1 (satu) honorable mention atas nama Muhammad Aji Muharrom.

Setelah melalui serangkaian pembelajaran, latihan, kuis, dan repeating, peserta dihadapkan pada simulasi akhir yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta terhadap kondisi pertandingan sesunggunya. Pada akhirnya rangkaian acara Pelatnas 3 TOKI 2012 berhasil memperoleh 4 (empat) peserta terbaik yang akan mewakili Indonesia di ajang IOI 2012, di Sirmione, Italia. Berikut ini adalah anggota Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2012:

  1. Nathan Azaria, SMAN 2 Purwokerto
  2. Jonathan Irvin Gunawan, SMAK 1 BPK PENABUR Bandung
  3. Cakra Wishnu Wardhana, SMAN 8 Yogyakarta
  4. Muhammad Aji Muharrom, MAN Insan Cendekia Serpong
Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2012, perwakilan Depdiknas, beserta Dosen Pembimbing TOKI

Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2012, perwakilan Depdiknas, beserta Dosen Pembimbing TOKI

Pelatnas 3 ini mencapai penghujung acaranya pada acara penutupan tanggal 7 Juli 2012. Acara penutupan ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Departemen Pendidikan Nasional, pembina dan pengurus TOKI dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, serta beberapa alumni. Bapak Yugo Kartono Isal sebagai ketua penyelenggara Pelatnas 3 TOKI 2012 mengucapkan terimakasih bagi segala pihak yang telah mendukung acara tersebut, sehingga rangkaian pelatihan dapat berjalan dengan lancar.

Dengan terpilihnya 4 besar yang akan mewakili Indonesia di ajang IOI 2012, bukan berarti kompetisi telah berakhir. Mereka yang terpilih harus menghadapi tantangan sesungguhnya di IOI 2012. Bagi yang belum terpilih, tetap semangat dan jangan berkecil hati. Karena ada banyak kesempatan berkompetisi di waktu yang akan datang.

Akhir kata, kami meminta doa dan restu dari segenap masyarakat Indonesia agar keempat siswa yang akan bertanding di IOI 2012 dapat berkompetisi dan meraih prestasi sebaik mungkin.


Sukses TOKI
Go Get Golds !

Jakarta, 16 Juli 2012
Tim Olimpiade Komputer Indonesia

William Gozali
Sambya Aryasa