Tim Indonesia Siap Bertanding di IOI 2012

Empat siswa terbaik Indonesia yang telah terpilih sebagai Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) 2012 siap berangkat ke Sirmione, Italia untuk mengikuti pertandingan dalam bidang informatika di ajang International Olympiad in Informatics (IOI) ke-24 yang akan diselenggarakan pada tanggal 23 – 30 September 2012 yang akan datang.

Keempat anggota tim yang akan menjadi duta bangsa tersebut adalah:

  1. Nathan Azaria, SMAN 2 Purwokerto
  2. Jonathan Irvin Gunawan, SMAK 1 BPK PENABUR Bandung
  3. Cakra Wishnu Wardhana, SMAN 8 Yogyakarta
  4. Muhammad Aji Muharrom, MAN Insan Cendekia Serpong

Seluruh peserta yang terpilih untuk mewakili Indonesia ini merupakan wajah-wajah baru di ajang IOI 2012 ini. Tahun lalu, ketika IOI ke-23 diselenggarakan di Pattaya, Thailand, Tim Indonesia berhasil merebut 2 medali perunggu atas nama William Gozali dan Frederikus Hudi. Para peraih medali tersebut kini sudah mulai studi lanjutan S1, yaitu di Universitas Indonesia dan NTU (Nanyang Institute of Technology), Singapura.

Tim Indonesia ke Italia akan dipimpin oleh Dr. Ir. Inggriani Liem (kordinator pembinaan TOKI dan Dosen STEI Institut Teknologi Bandung) dan didampingi oleh Julio Adisantoso M.Sc. (Dosen FMIPA, Institut Pertanian Bogor) dan Risan (peraih medali perunggu dalam IOI 2008 dan 2009) yang juga menjadi pendamping para siswa selama pelatihan berlangsung. Rombongan direncanakan bertolak menuju Italia pada tanggal 21 September 2012, dan akan tiba kembali ke Indonesia pada tanggal 1 Oktober 2012.

Untuk mengasah keterampilan dan membiasakan para peserta dalam suasana kompetisi yang ketat, selama kegiatan pembinaan, selain mendapatkan berbagai tambahan materi algoritma, para siswa ini juga dihadapkan pada beberapa tes dan simulasi lomba. Mereka juga dihadapkan dengan beberapa olimpiade regional, antara lain APIO 2012 (Asia-Pacific Informatics Olympiad).Pada APIO 2012, tim Indonesia berhasil meraih 1 (satu) perak atas nama Nathan Azaria dan 2 (dua) perunggu atas nama Cakra Wishnu Wardhana dan Jonathan Irvin Gunawan, serta 1 (satu) honorable mention atas nama Muhammad Aji Muharrom.

Merujuk kepada prestasi tahun lalu, didukung dengan berbagai persiapan, dan pembinaan yang telah dilakukan oleh seluruh tim pembina dan alumni, TOKI 2012 memiliki semangat untuk mempersembahkan hasil terbaik dan optimisme tinggi untuk dapat meraih prestasi yang lebih baik atau setidaknya mampu mempertahankan pencapaian tahun lalu.

Dalam delapan belas kali keikutsertaan TOKI di ajang IOI sejak tahun 1995, secara keseluruhan 37 medali telah berhasil dikumpulkan yang terdiri dari 2 Medali Emas, 14 Medali Perak dan 21 Medali Perunggu. Tercatat hanya di tahun 1996 dan 1999, Indonesia gagal meraih medali. Sedangkan di tahun 2003, Indonesia tidak bertanding ketika IOI dilaksanakan di Kenosha, Amerika Serikat karena masalah visa.

Sebagai persiapan akhir sebelum keberangkatan ke Italia, empat siswa wakil Indonesia tersebut menjalani penggemblengan dalam Pelatnas 4 TOKI 2012 yang diadakan di Fasilkom Universitas Indonesia hingga tanggal 20 September 2012. Sebelumnya, para siswa juga telah melalui tiga tahapan pembinaan dan seleksi yang cukup ketat pada Pelatnas 1 di STEI Institut Teknologi Bandung, Pelatnas 2 di FMIPA Institut Pertanian Bogor dan Pelatnas 3 di Fasilkom Universitas Indonesia.

Patut dihargai semangat berkompetisi yang telah mereka tunjukkan, karena setiap anggota tim telah terpilih melalui rangkaian perjuangan yang cukup berat, panjang, dan melelahkan. Mereka telah berhasil menyisihkan ribuan peserta tingkat kabupaten/kota, sekitar 1500-an peserta tingkat provinsi, dan 100-an peserta seleksi tingkat nasional (OSN). Banyak waktu belajar di sekolah dan waktu bermain yang mereka korbankan untuk hal ini. Namun, mereka menyadari bahwa demi mengejar apapun pasti ada resikonya dan mereka berani untuk menghadapi risiko itu.

Pada kesempatan ini kami mohon doa restu kepada masyarakat Indonesia agar waktu dan usaha yang telah didedikasikan dapat menghasilkan suatu pencapaian yang terbaik demi mengharumkan nama bangsa di mata dunia khususnya dalam bidang pendidikan dan teknologi. Apapun yang akan mereka hasilkan nanti, marilah kita sama-sama doakan agar seluruh anggota tim dapat berjuang semaksimal mungkin untuk dipersembahkan bagi bangsa dan masyarakat Indonesia.

Sukses TOKI!
Go Get Golds!
Jakarta, 19 September 2012
Tim Olimpiade Komputer Indonesia