4 Besar TOKI 2013 Siap Bertanding

Selasa 14 Mei 2013 – Sebanyak 11 peserta pembinaan tahap 3 Tim Olimpiade Komputer Indonesia menjalani simulasi terakhir di Kampus Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Tes simulasi ini sekaligus menjadi ujian terakhir untuk menentukan 4 peserta terbaik yang akan mewakili Indonesia dalam ajang The 25th International Olympiad in Informatics yang akan diselenggarakan di Brisbane, Australia, 6 – 13 Juli 2013.

Sebelumnya para peserta telah menjalani pembinaan selama 3 minggu dimulai dari tanggal 17 April 2013. Dalam pembinaan tersebut para peserta dibekali materi lanjutan seperti Heuristic Search dan Maximum Flow, dan juga topik khusus dalam Computer Science seperti Natural Language Processing dan Data Mining.

Di hari yang sama juga dilangsungkan penutupan kegiatan pembinaan tahap 3 Tim Olimpiade Komputer Indonesia yang dihadiri oleh Bpk. Suharlan, S.H., MM., (Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik, Kementrian Pendidikan dan Kebudaan RI) dan Ibu Dr. Inggriani Liem (Ketua Pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia). Tak lupa para Pembina TOKI dan beberapa alumni TOKI juga hadir dalam acara penutupan ini.

Dalam kata sambutannya Pak Harlan menyampaikan bahwa bagi yang kurang beruntung jangan berkecil hati dan bermurung diri. Sedih memang perjalanan panjang yang sudah dilalui demi mendapatkan tiket menuju IOI harus pupus sampai di sini. Namun berbanggalah kalian karena telah berhasil membuktikan diri sebagai yang terbaik dari antara ratusan ribu siswa SMA yang mengikuti OSK, puluhan ribu yang mengikuti OSP, dan seratus lebih siswa SMA terbaik seluruh nusantara yang mengikuti ajang OSN. Ingatlah kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda karena masih ada jalan lain yang terbuka lebar bagi anda semua.

Foto bersama Penutupan Pelatnas 3 TOKI 2013

Foto bersama peserta pembinaan tahap 3 beserta Pembina TOKI, alumni TOKI, dan perwakilan Diknas

Pada agenda puncak penutupan pembinaan tahap 3, juga diumumkan 4 besar yang akan mewakili Indonesia dalam ajang IOI Juli 2013 mendatang, yaitu Nathan Azaria, Jonathan Irvin Gunawan, Ammar Fathin Sabili, dan Stefano Chiesa. Pemilihan 4 besar tersebut didasari performa mereka selama sesi latihan dan tes selama pembinaan berlangsung, juga dilihat dari hasil APIO yang telah mereka ikuti. Daftar peringkat hasil pembinaan tahap 3 adalah sebagai berikut:

  1. Nathan Azaria, SMAN 2 Purwokerto
  2. Jonathan Irvin Gunawan, SMAK 1 BPK PENABUR Bandung
  3. Ammar Fathin Sabili, SMAN Sragen BBS
  4. Stefano Chiesa, SMAK 3 BPK PENABUR Jakarta
  5. Joshua Aristo Nathaniel Hendra, SMA Xaverius 1 Palembang
  6. Ignatius Juan Pradipta, SMAN 2 Bandar Lampung
  7. Rakina Zata Amni, SMAN 8 Jakarta
  8. Pusaka Kaleb Setyabudi, SMAN 1 Depok
  9. Muhammad Aji Muharrom, MAN Insan Cendekia Serpong
  10. Muhammad Rais Fathin Mudzakir, SMAN 1 Bogor
  11. Anthony, SAM Xaverius 1 Jambi

Sebelum bertanding di ajang IOI, para 4 besar wakil Indonesia ini akan kembali menerima pelatihan tahap 4 pada tanggal 17 – 29 Juni 2013.

Dalam penutupan ini, Pak Yugo Isal selaku perwakilan dari Pembina TOKI menyampaikan nasehat khususnya bagi yang tidak lolos agar tidak patah semangat, karena bagi mereka yang sudah sampai sejauh ini semuanya adalah pemenang.

Selamat bagi 4 besar yang sudah terpilih. Jangan terlena oleh kegembiraan sesaat ini dan teruslah berlatih, karena harapan seluruh rakyat Indonesia diletakkan pada pundak kalian. Kita tunggu kabar gembira dari Brisbane Juli mendatang!

 

Viva TOKI, Go Get Golds!

Depok, 14 Mei 2013

Penulis: Felik Junvianto
Editor: Yugo Kartono Isal