8 Peserta Berhasil Lolos ke Pembinaan Tahap 3 TOKI 2013

Sabtu, 2 Maret 2013, sebanyak 17 siswa siswi SMA terbaik Indonesia mengikuti tes simulasi ke 2 Pembinaan Tahap 2 TOKI 2013, yang secara informal sekaligus menutup rangkaian Pembinaan yang sudah dilaksanakan selama tiga pekan di kampus FMIPA, Institut Pertanian Bogor Baranangsiang sejak 11 Februari 2013 lalu.

Pada sore yang sama, diadakan acara penutupan yang dihadiri oleh Harris Iskandar, Ph.D. selaku Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud, Prof. Dr. Ir. H. Yonny Koesmaryono selaku Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Dr. Ir. Agus Buono, M.Si, M.Kom selaku Ketua Departemen Ilmu Komputer IPB, serta Ketua Tim Pembina TOKI Dr. Inggriani Liem, serta para pembina TOKI lain dan juga para alumni TOKI yang banyak membantu selama kegiatan pembinaan ini.

Dalam kata sambutannya, Pak Agus Buono mengucapkan terima kasih atas kepercayaan bagi IPB untuk kesekian kalinya mengadakan pembinaan tahap 2 ini. Tak lupa ia pun mengucapkan selamat bagi para peserta yang lolos ke tahap 3 nantinya.

Prof. Dr. Yonny Koesmaryono dalam sambutannya menegaskan bahwa manusia sejatinya adalah insan yang harus berkompetisi. Dalam kompetisi tentunya hanya ada satu pemenang, sehingga sikap siap menang dan siap kalah perlu dipersiapkan dalam menerima hasil yang ada. Beliau berpesan kepada para peserta yang lolos ke tahap berikutnya untuk semakin giat berlatih dan terus mempersiapkan diri, karena ada harapan yang besar dari diri sendiri, orang tua, bangsa, dan negara yang dipikul di pundak masing-masing peserta. Kepada peserta yang belum lolos pun diharapkan lapang dada dalam menerima hasil yang telah didapat dari usaha diri sendiri.

Pada kesempatan yang sama, Pak Harris Iskandar juga menyampaikan pesan-pesannya kepada pembina TOKI dan peserta pembinaan. Salah satu topik yang diangkatnya adalah masalah peserta pembinaan Informatika yang masih didominasi oleh kaum pria. Ke depannya beliau berharap ada upaya aktif dalam pembinaan untuk perwujudan wajah keseimbangan Indonesia dan keseimbangan gender  di mata Internasional.

Dalam acara penutupan kali ini juga diadakan penandatanganan MoU kerjasama antara IPB dan Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang salah satu isinya bahwa peraih medali OSN Bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika akan diterima langsung tanpa tes ke jurusan yang sesuai di IPB.

Penutupan Pelatnas 2 TOKI 2013

Penutupan Pelatnas 2 TOKI 2013

Acara penutupan pembinaan tahap 2 TOKI 2013 pun diakhiri dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada perwakilan peserta, dan pengumuman 8 besar TOKI 2013. Berikut adalah nama 8 besar peserta yang berhak untuk mengikuti pembinaan tahap berikutnya:

  1. Joshua Aristo Nathaniel Hendra, SMA Xaverius 1 Palembang
  2. Pusaka Kaleb Setyabudi, SMAN 1 Depok
  3. Ammar Fathin Sabili, SMAN Sragen BBS
  4. Ignatius Juan Pradipta, SMAN 2 Bandar Lampung
  5. Rakina Zata Amni, SMAN 8 Jakarta
  6. Stefano Chiesa, SMAK 3 BPK PENABUR Jakarta
  7. Anthony, SMA Xaverius 1 Jambi
  8. Muhammad Rais Fathin Mudzakir, SMAN 1 Bogor

Selamat bagi 8 besar, jangan tinggi hati dan tetap bersemangat karena perjuangan masih panjang. Bagi yang belum berhasil, jangan berkecil hati karena masih banyak kesempatan lain yang terbuka lebar.

Viva TOKI, Go Get Golds!

Bogor, 2 Maret 2013

Penulis: Felik Junvianto
Editor: Fauzan Joko Sularto & Julio Adisantoso