Pembinaan Tahap II TOKI 2013 Dimulai

Sebanyak 17 siswa mengikuti pembinaan Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2013 tahap ke 2 yang akan dilaksanaan selama 3 minggu di Departemen Ilmu Komputer, Fakultas MIPA, Institut Pertanian Bogor mulai dari tanggal 11 Februari sampai dengan dengan 2 Maret 2013 yang akan datang.

Acara pembukaan pembinaan khusus ini dihadiri oleh Ibu Dr. Inggriani Liem (Ketua Pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia), Bpk. Suharlan, S.H., MM., (Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik, Kementrian Pendidikan dan Kebudaan RI), Dr.Ir. Agus Buono, M.Si (Ketua Departemen Ilmu Komputer, FMIPA IPB), Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. (Dekan Fakultas MIPA IPB) dan juga Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS (Wakil Rektor IPB Bidang Akademik dan Kemahasiswaan).

Dalam sambutan pembukaannya, Dr. Ir. Agus Buono, M.Si, M.Kom menyampaikan bahwa, sebagai  penghargaan atas prestasi peserta pembinaan, para 17siswa tersebut dan juga 30 siswa peraih medali OSN 2012 dapat diterima di Departemen Ilmu Komputer, FMIPA IPB tanpa tes.

Dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyampaikan bahwa untuk tahun 2013 ini semua bidang kegiatan olimpiade international memiliki target yang cukup berat yaitu minimal meraih 2 (dua) emas di tingkat olimpiade internasional.

Secara resmi, pembinaan dibuka oleh Wakil Rektor IPB Bidang Akademik dan Kemahasiswaan  Bpk. Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS yang mana dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa target yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut bukanlah hal yang mudah, namun dengan ketekunan dan kesungguhan dalam berlatih hal tersebut bukanlah mustahil untuk dapat diraih. Kepada para siswa juga diharapkan terus menjaga semangat dan motivasinya, karena dengan semangat dan motivasi yang tinggi, latihan seberat apapun akan terasa mudah untuk dilalui. Dalam kesempatan tersebut wakil rektor IPB juga menegaskan komitmen dari IPB untuk menerima siswa-siswa berprestasi untuk belajar di IPB tanpa tes melalui jalur khusus untuk siswa-siswa yang berprestasi, yaitu jalur PIN (Prestasi Internasional dan Nasional).

Julio Adisantoso, MSc. selaku ketua panitia penyelenggara kegiatan pembinaan ini mengungkapkan bahwa, selama tiga minggu para siswa akan menjalani pelatihan dari para dosen di Departemen Ilmu Komputer, IPB dan beberapa dosen dari perguruan tinggi lain dengan banyak dibantu oleh para alumni TOKI. Diakhir pembinaan akan dilakukan seleksi untuk menentukan 8 siswa terbaik untuk dapat mengikuti pembinaan di tingkat selanjutnya.

Sukses TOKI ! Go Get Golds !

Bogor, 11 Februari 2013

Tim Olimpiade Komputer Indonesia