1 Perak 5 Perunggu dari APIO 2014

apio2014

Tahun ini, Indonesia kembali berpartisipasi pada ajang Asia-Pacific Informatics Olympiad (APIO). Indonesia mengirimkan 9 peserta SMA untuk mengikuti APIO 2014, yang merupakan peserta Pelatnas 3 TOKI 2014. APIO 2014 merupakan salah satu komponen seleksi untuk memilih 4 siswa untuk mewakili Indonesia pada IOI 2014 di Taipei, Taiwan.

APIO 2014 diikuti oleh berbagai negara di wilayah Asia-Pasifik. Tahun ini, beberapa negara ikut berpartisipasi untuk pertama kalinya, yakni Armenia, Georgia, Israel, Rusia, Tajikistan, dan Turkmenistan. Secara total, terdapat 29 negara yang berpartisipasi, termasuk Indonesia. Setiap negara bisa mengirimkan banyak wakil, namun pada akhirnya hanya 6 peserta dengan nilai tertinggi dari setiap negara saja yang diakui sebagai peserta resmi.

Setiap peserta melaksanakan APIO 2014 di negara masing-masing pada tempat dan waktu yang ditentukan masing-masing. Di Indonesia, para peserta mengerjakan soal-soal APIO di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia pada Sabtu, 3 Mei 2014. Hasilnya, Indonesia meraih 1 medali perak dan 5 medali perunggu atas nama:

Medali Perak (1 orang):

  • Muhammad Rais Fathin Mudzakir, SMAN 1 Bogor

Medali Perunggu (5 orang):

  • Agus Sentosa Hermawan, SMAK Petra 2 Surabaya
  • Muhammad Ayaz Dzulfikar, SMA YPVDP Bontang
  • Evan Putra Limanto, SMA Bina Bangsa Jakarta
  • Stefano Chiesa Suryanto, SMAK 3 BPK PENABUR Jakarta
  • Christian Anthony Setyawan, SMAK BPK Penabur Gading Serpong

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada situs resmi APIO 2014.

Selamat kepada para peraih medali, semoga hasil ini bisa menjadi pemacu untuk meraih hasil yang lebih baik lagi pada IOI 2014.

Viva TOKI, Go Get Golds.