16 Siswa Lolos Dalam Pembinaan dan Seleksi Tahap I, TOKI 2014

Peserta Pembinaan Tahap 1 - TOKI 2014

Pembinaan Tahap I Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) tahun 2014 telah dilaksanakan di Institut Teknologi Bandung pada tanggal 28 Oktober 2013 sampai dengan 24 November 2013. Pembinaan ini sekaligus merupakan salah satu proses seleksi untuk memilih 4 delegasi Indonesia yang akan berangkat menuju International Olympiad in Informatics (IOI). Pembinaan kali ini diikuti oleh 27 siswa, 26 diantaranya adalah medalis OSN dan 1 orang lainnya merupakan veteran yang telah mengikuti pelatihan pada tahun sebelumnya.

Kegiatan dimulai pada 28 Oktober, pada malam hari ketika para peserta sudah berdatangan di Wisma Balai Perguruan Putri (BPP) tempat peserta pelatihan menginap, para asisten pada pelatnas kali ini yang merupakan anggota TOKI Biro ITB mengadakan acara perkenalan serta menjelaskan peraturan dan garis besar kegiatan yang akan dilakukan selama pelatnas berlangsung. Sedangkan kegiatan selama pembinaan sendiri akan lebih banyak dilaksanakan di kampus Institut Teknologi Bandung tepatnya di gedung Teknik Informatika.

Acara resmi pembukaan pembinaan ini dilakukan pada pagi harinya oleh Bapak Suharlan, Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di wisma BPP.

Pada malam harinya, para peserta pelatnas dikumpulkan bersama dengan pembina pelatnas, antara lain Ibu Inggriani Liem dan Bapak Adi Mulyanto beserta dengan ketua asosiasi Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia (IA-TOKI), Brian Marshal. Pada kesempatan kali ini, para peserta pelatnas dijelaskan mengenai proses belajar dan proses seleksi yang dilakukan pada TOKI. Dalam hal ini ditekankan bahwa yang penting dalam proses belajar adalah ketekunan dan ‘passion’ dimana keinginan adalah hal yang sangat penting untuk mencapai prestasi yang tinggi. Hal ini juga yang menyebabkan TOKI tidak hanya mempertimbangkan kemampuan murni peserta dalam proses seleksinya.

Pada pelatihan kali ini peserta sudah dibekali dengan dasar pemrograman algoritma yang cukup dalam seperti algoritma shortest path, minimum spanning tree, dll. Seperti kebiasaan pada setiap tahunnya, tingkat materi dan kesulitan pada setiap tahunnya akan meningkat. Selain pembina TOKI dan para dosen pengajar di Teknik Informatika ITB, para peserta pembinaan juga mendapatkan pembinaan dari para alumni TOKI seperti Pascal Alfadian (co-founder dari VIROES, Inc. dengan salah satu produknya yaitu kiri.travel, sebuah website untuk membantu pengguna mencari jalur angkot terefisien di kota Bandung), dan Irvan Jahja (peraih medali emas pada 21st IOI di Kairo pada tahun 2008).

Pada 23 November, para peserta pelatnas melaksanakan simulasi 2, dimana ini adalah tes terakhir pada pelatnas kali ini. Akhirnya pada sore harinya tibalah saat yang ditunggu-tunggu, acara penutupan pelatnas sekaligus pengumuman hasil seleksi pada pelatihan kali ini. Pelatihan ini akhirnya ditutup secara resmi. Terdapat 16 peserta yang lolos ke pembinaan tahap 2, nama-namanya adalah:
1. Agus Sentosa Hermawan, SMAK Petra 2 Surabaya
2. Alfonsus Raditya Arsadjaja, SMA Kanisius Jakarta
3. Aulia Astrico Pratama, SMAN 10 Samarinda
4. Alvian Prasetya, SMA Santa Laurensia
5. Christian Anthony Setyawan, SMAK PENABUR Gading Serpong
6. Evan Putra Limanto, SMA Bina Bangsa Jakarta
7. Gentur Waskito Triwinasis, SMAN Sragen BBS
8. Michael Wibawa, SMA Kanisius Jakarta
9. Muhammad Adnan Reza W., SMA Pribadi BBS Bandung
10. Muhammad Ayaz Dzulfikar, SMA YPVDP Bontang
11. Muhammad Rais Fathin Mudzakir, SMAN 1 Bogor
12. Nathan James, SMAK 1 PENABUR Jakarta
13. Nur Hidayat, SMA Pribadi BBS Bandung
14. Putra Sattvika, SMAN 3 Denpasar
15. Robert Sebastian Herlim, SMAK Petra 2 Surabaya
16. Zamil Majdy, SMA Semesta Semarang

Nama-nama tersebut nantinya akan mengikuti tahap pelatihan dan seleksi selanjutnya hingga pada akhirnya terpilih 4 orang untuk membela Indonesia pada International Olympiad in Informatics yang ke 26 pada tanggal 13 – 20 Juli 2014 di Taipei, Taiwan.

Go Get Golds TOKI!

Tim Olimpiade Komputer Indonesia