4 Besar TOKI 2014 Terpilih

Sabtu, 10 Mei 2014 – Sebanyak 9 peserta pembinaan tahap 3 Tim Olimpiade Komputer Indonesia menjalani simulasi terakhir di Kampus Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, Depok. Kesembilan peserta yang terdiri dari 8 peserta baru dan 1 orang veteran ini telah mengikuti pembinaan tahap 3 selama hampir 3 pekan, yang dimulai pada hari Selasa, 22 April 2014. Pembinaan tahap 3 kali ini sekaligus tahap seleksi untuk memilih 4 peserta terbaik yang akan mewakili Indonesia dalam ajang The 26th International Olympiad in Informatics (IOI) di Taipei, Taiwan yang berlangsung pada tanggal 13 hingga 20 Juli 2014.

Agenda pembinaan tahap 3 kali ini diisi dengan sesi materi dari beberapa dosen Fakultas Ilmu Komputer UI dan alumni TOKI. Di samping tes simulasi yang diadakan sebanyak 2 kali, peserta pembinaan tahap 3 juga mengikuti The 2014 Asia-Pacific Informatics Olympiad (APIO) yang diselenggarakan oleh Kazakh-British Technical University, Kazakhstan pada 3 – 4 Mei 2014. Pada ajang tersebut, tim Indonesia berhasil meraih prestasi yang menggembirakan dengan mendapatkan: 1 perak dan 5 perunggu.

Berita menggembirakan lainnya adalah pada tahun ini, untuk pertama kalinya tim penyelenggara pembinaan tahap 3 membuka tes simulasi yang juga dapat diikuti peserta dari negara lain. Tes simulasi terbuka ini diadakan sebagai kontes dengan nama “TOKI Open 2014”. Dibukanya tes simulasi ke peserta dari negara lain ini selain bertujuan untuk mengukur kinerja tim materi dan tim teknis penyelenggara pembinaan TOKI sekaligus juga untuk menguji kesiapan sistem server yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan APIO 2015, dimana Indonesia akan menjadi tuan rumah. Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini mendapat sambutan yang cukup baik, animo peserta dari negara lain cukup antusias. Tercatat 124 peserta dari 25 negara berpartisipasi dalam “TOKI Open 2014” tersebut.

Pukul 15.15 sore di hari yang sama, diadakan acara penutupan kegiatan pembinaan tahap 3 TOKI di Ruang Rapat Besar Gedung A Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Acara penutupan ini dihadiri oleh  Bpk. Suharlan, S.H., MM., (Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI) dan Ibu Dr. Inggriani Liem (Ketua Pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia). Tak lupa para Pembina TOKI dan beberapa alumni TOKI juga hadir dalam acara penutupan ini. Kegiatan penutupan pembinaan tahun ini juga dihadiri oleh Bpk. On Lee (CTO PT. Global Digital Prima). Sembari menunggu acara penutupan dimulai, para peserta mendapat kesempatan untuk mendengarkan sharing dari pak On Lee mengenai industri software engineering dan bagaimana working culture di PT. Global Digital Prima sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini.

Foto penutupan Pelatnas 3 TOKI 2014 bersama peserta, pembina, dan asisten

Foto penutupan Pelatnas 3 TOKI 2014 bersama peserta, pembina, dan asisten

Acara penutupan tahun ini dipimpin oleh Karol Danutama (IOI 2007) sebagai MC. Dalam kata pembukaannya, Karol menyampaikan ucapan selamat bagi 9 besar yang telah sampai ke pembinaan tahap 3. Tak lupa, ia pun memotivasi 4 besar yang akan diumumkan di akhir acara agar terus berlatih, dan menyampaikan agar yang belum terpilih tetap berbesar hati. Tidak ada yang sia-sia dari kerja keras yang sudah dilakukan, karena ilmu yang sudah didapat hingga pembinaan tahap 3 ini tentunya akan bermanfaat di kemudian hari.

Di penghujung acara penutupan, diumumkan nama 4 besar yang akan mewakili Indonesia di ajang IOI 2014 pada Juli mendatang, yaitu Muhammad Rais Fathin Mudzakir, Stefano Chiesa Suryanto, Alfonsus Raditya Arsadjaja, dan Zamil Majdy. Pemilihan 4 besar ini didasari oleh performa mereka saat sesi latihan dan tes simulasi saat pembinaan berlangsung, serta performa peserta saat APIO 2014. Daftar peringkat hasil pembinaan tahap 3 adalah sebagai berikut.

  1. Muhammad Rais Fathin Mudzakir, SMAN 1 Bogor
  2. Stefano Chiesa Suryanto, SMAK 3 BPK PENABUR Jakarta
  3. Alfonsus Raditya Arsadjaja, SMA Kanisius Jakarta
  4. Zamil Majdy, SMA Semesta Semarang
  5. Agus Sentosa Hermawan, SMAK Petra 2 Surabaya
  6. Evan Putra Limanto, SMA Bina Bangsa Jakarta
  7. Muhammad Ayaz Dzulfikar, SMA YPVDP Bontang
  8. Christian Anthony Setyawan, SMAK BPK PENABUR Gading Serpong
  9. Michael Wibawa, SMA Kanisius Jakarta

Sebelum bertanding di ajang IOI, para 4 besar wakil Indonesia ini akan kembali menerima pelatihan tahap 4 di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia.

Selamat bagi 4 besar yang sudah terpilih. Jangan terlena oleh kegembiraan sesaat ini dan teruslah berlatih, karena harapan seluruh rakyat Indonesia diletakkan pada pundak kalian. Kita tunggu kabar gembira dari Taiwan Juli mendatang!

 

Viva TOKI, Go Get Golds!

Depok, 10 Mei 2014