Pelatnas 1 TOKI 2015 Telah Usai

Pada hari Sabtu 23 November 2014, bertempat di Labtek V Kampus ITB jalan Ganesha 10 Bandung, telah dilangsungkan acara penutupan Pelatnas 1 TOKI 2015.

Pelatnas1TOKI2015

Foto Peserta Pelatnas 1 TOKI 2015 Beserta Ibu Inggriani Liem

Para peserta pelatnas 1 TOKI merupakan siswa-siswi terbaik bangsa yang telah memenangkan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tahap pelatihan dan seleksi nasional untuk menentukan siapa yang akan menjadi wakil Indonesia dalam ajang International Olympiad in Informatics (IOI) 2015.

Tahap pelatihan dan seleksi ini akan dibagi menjadi 3 tahap yang mana pada masing-masing tahap jumlah peserta akan terus berkurang hingga terpilih 4 peserta untuk mengikuti ajang IOI 2015 di Almaty, Kazakhstan pada tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus 2015.

Pelatnas 1 pada tahun ini berlangsung di Institut Teknologi Bandung dimulai dari tanggal 17 Oktober hingga 23 November 2014. Ajang Pelatnas ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan, mengasah dan menguji kemampuan para peserta, mengenal lebih jauh tentang ITB dan kota Bandung, serta mencari teman dan pengalaman baru.

Selain diberikan materi teori dan ketrampilan untuk menyelesaikan persoalan dengan pemrograman komputer, pada Pelatnas 1 ini juga sekaligus dilakukan seleksi untuk memilih 16 siswa terbaik yang lolos untuk mengikuti Pelatnas 2. Seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai komponen, yaitu dinilai dari Latihan, Repeating, Kuis, serta Simulasi 1 dan Simulasi 2.

 

Secara umum persaingan diantara para siswa cukup ketat. Dari hari-kehari urutan ranking berubah-ubah. Baik dari segi kemampuan, hingga mental diuji setiap saat. Pada hari terakhir setelah Simulasi 2, diperolehlah sudah ke-16 siswa yang akan melanjutkan perjalannya ke Pelatnas 2. Ke-16 siswa yang lolos adalah:

  1. Agus Sentosa Hermawan, dari SMA Petra 2 Surabaya
  2. Stacia Edina Johanna, dari SMA Petra 3 Surabaya
  3. Muhammad Ayaz Dzulfikar, dari SMA YP Vidya Dahana Patra Bontang
  4. Michael Wibawa, dari SMA Kanisius Jakarta
  5. Prabowo, dari SMA Sutomo 1 Medan
  6. Sergio Vieri, dari SMA Intan Permata Hati Surabaya
  7. Turfa Auliarachman, dari MAN Insan Cendekia Serpong
  8. Aldi Fahrezi, dari SMAN 1 Depok
  9. Fahmi, dari SMA Semesta BBS Semarang
  10. Christopher Samuel, dari SMA St. Louis 1 Surabaya
  11. Ragil Al Badrun P., dari SMAN 1 Sibolga
  12. Kevin Luvian, dari SMAK 1 BPK Penabur Jakarta
  13. Wynne Wijaya, dari SMAK Rajawali Makassar
  14. Anab Maulana Barik, dari SMA Semesta BBS Semarang
  15. Wira Abdillah Siregar, dari SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh
  16. Jonathan Christopher, dari SMAK BPK Penabur Gading Serpong

Acara selama 4 minggu telah berjalan dengan lancar. Keberhasilan pelaksanaan Pelatnas 1 TOKI 2015 karena peran dari semua pihak yang sangat membantu dalam pelaksanaan acara ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara ini hingga selesai dengan baik.

Go get Golds TOKI 2015!

Tim Olimpiade Komputer Indonesia.