Pelatnas 2 TOKI 2015 Telah Selesai Dilaksanakan

Setelah berlangsung selama tiga minggu, pembinaan tahap 2 TOKI 2014 yang berlangsung di Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya ditutup pada hari Jumat, 20 Maret 2015. Sehari sebelumnya, para peserta menjalani simulasi akhir yang merupakan poin penilaian terakhir dalam rangkaian pembinaan dan seleksi TOKI 2015 ini.

Acara penutupan dilangsungkan di ruang sidang Jurusan Teknik Informatika, ITS. Dibuka dengan laporan dari Bpk. Rully Soelaiman, S.Kom. M.Kom. yang dalam laporannya menyampaikan bahwa selama tiga minggu pelaksanaan pembinaan, para peserta telah mendapatkan berbagai tambahan materi serta mengikuti latihan harian, repeating, 2 kali kuis dan 2 kali simulasi. Seluruh aktivitas pelatihan dilaksanakan dengan memanfaatkan sistem TOKI Learning Center versi terbaru yang dipersiapkan untuk pelaksanaan APIO 2015.

Ibu Dr. Inggriani Liem, selaku kordinator Pembina TOKI dalam sambutannya menyampaikan pesan bahwa kepada para siswa yang lolos dituntut semakin banyak menjalani latihan secara mandiri, agar dapat memberikan hasil terbaik dan meraih prestasi terbaik yang dapat dipersembahkan bangsa

Acara penutupan juga dihadiri oleh Ibu Dr. Nanik Suciati, Ketua Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya yang menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan segala macam bantuan dan dukungan sehingga kegiatan pembinaan tahap 2 TOKI 2015 ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Pembinaan TOKI 2015 merupakan kegiatan pembinaan dan seleksi secara bertahap yang bertujuan memilih 4 siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia dalam ajang International Olympiad in Informatics 2015 yang akan diselenggarakan di Almaty, Kazakhtan pada tanggal 26 Juli – 2 Agustus 2015.

Dalam sambutan penutupannya, Bpk. Suharlan S.H. MM. dari Direktorat Pembinaan SMA, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyampaikan siapapun yang lolos nantinya jangan terlalu berbangga diri karena perjuangan masih panjang, bagi yang gagal, jangan putus asa karena masih banyak ajang lomba keilmuan yang bisa diikuti untuk mengharumkan nama bangsa dan Negara.

Acara di ditutup dengan pemutaran penayangan dokumentasi kegiatan pelatnas 2 dan pengumuman 8 siswa yang berhasil lolos dan berhak mengikuti pembinaan dan seleksi TOKI 2015 tahap 3. Delapan peserta tersebut adalah (diurutkan menurut abjad):

  1. Agus Sentosa Hermawan, SMA Petra 2 Surabaya
  2. Christopher Samuel, SMA St. Louis 1 Surabaya
  3. Michael Wibawa, SMA Kanisius Jakarta
  4. Muhammad Ayaz Dzulfikar, SMA YP Vidya Dahana Patra Bontang
  5. Prabowo, SMA Sutomo 1 Medan
  6. Sergio Vieri, SMA Intan Permata Hati Surabaya
  7. Stacia Edina Johanna, SMA Petra 3 Surabaya
  8. Turfa Auliarachman, MAN Insan Cendekia Serpong
8 Besar TOKI 2015 (minus Michael Wibawa)

8 Besar TOKI 2015 (minus Michael Wibawa)

Delapan peserta tersebut selanjutnya akan mengikuti Pelatnas tahap 3 TOKI 2014 yang menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan April 2015 di Kampus Institut Pertanian Bogor. Pelatnas 3, merupakan seleksi untuk menentukan empat peserta terbaik yang akan mewakili Indonesia dalam International Olympiad in Informatics (IOI) 2015 di Almaty, Kazakhstan.

Viva TOKI!

Go Get Golds!

Surabaya, 20 Maret 2015
Humas TOKI